Thursday, January 10, 2019

Cara Upload Program DI Arduino Nano dan Penyebab tidak bisa upload

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Selamat pagi teman", Kali ini kita akan membahas kenapa arduino nano tidak bisa di upload program, atau setelah kita upload kita harus menunggu lama namun setelah itu tetap saja tidak bisa, atau error. Nah langsung saja ya kita bahas.

Penyebab gagal dalam mengUpload suatu program bbisa dari beberapa faktor, diantaranya :
1. Masalah Hardware
2. Software
3. Driver
4. Pengoperasian / setting
ada beberapa faktor yang berpengaruh, yang harus pertama kali kita cek adalah apakah hardware kita dalam keadaan ready atau tidak terjadi masalah, baik short, dan lainnya. setelah hardware kita sudah pastikan normal kita dapat melihat dari Driver. Untuk masalah kali ini, arduino nano menggunakan perantara USB to TTl atau USB to serial, nah jadi teman-teman harus meng instal driver nya terlebih dahulu. Jika arduini teman-teman menggunakan type CH340/CH341 bisa download drivernya di sini.
Setelah kalian instal driver nya, ketika kalian menghubungkan arduino kalian ke PC maka akan muncul seperti gambar di bawah ini
Driver sudah terInstall
Setelah itu kalian tinggal buka Arduino IDE nya.Pilih pengaturan seperti gambar di bawah, atau sesuaikan dengan arduino kalian.


saya biasa menggunakan USB ASP, kalian bisa mencoba dengan yang lainnya, dan sesuaikan dengan board arduino kalian. Nah setelah kalian selesai mengatur kalian tinggal compile lan program board arduino kalian. dengan memilih tombol upload.


Setelah proses Upload, ketika sukses maka akan muncul pemberitahuan done uploading, seperti gambar ini.

Nah sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat ya, terimaksih banyak atas kunjungan teman",
wassalamualaikum warohmatullahi wabarikatuh..




2 comments:

Baca Juga Yuk

Cara Membuat Pengaman Motor Dengan Sensor Sidik Jari dan Arduino

Assalamualaikum Warohmatukkahi Wabarokatuh. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi info mengenai pengaman kendaraan bermotor yang baru...

Baca Juga